Jumat, 17 Maret 2017

Pengertian Mitos dan Contohnya

Pengertian mitos menurut beberapa sumber memiliki persamaan arti yaitu sebuah cerita atau dongeng berlatar masa lampau. Orang pertama yang memperkenalkan istilah mitos adalah Plato adalah seorang filsuf dan matematika Yunani. Istilah Mitos berasal dari bahasa Yunani mythos dan bahasa Belanda mite yang berarti cerita atau perkataan. Penutur mitos terlebih dahulu telah mendengar cerita tersebut dari generasi sebelumnya, biasanya terdapat penokohan para dewa yang terjadi di dunia lain (kayangan) dan dihubungkan dengan terjadinya suatu tempat, alam semesta, adat istiadat dan dongeng masa lampau lainnya.

Menurut beberapa ahli, pengertian mitos adalah:

  1. MenurutAhimsa-Putra Mitos adalah cerita yang “aneh” dan seringkali sulit dipahami maknanya atau diterima kebenarannya karena kisah di dalamnya “tidak masuk akal”. 
  2. Menurut Webster’s Dictionary Mitos adalah suatu perumpamaan yang merupakan khayalan dan tak dapat dibuktikan kebenarannya.
  3. Menurut Cremers Mitos adalah cerita suci berbentuk simbolik yang menceritakan serangkaian peristiwa nyata dan imajiner mengenai asal-usul dan perubahan-perubahan alam raya, dewa-dewi, kekuatan-kekuatan atas kodrati manusia, pahlawan, dan masyarakat. 
  4. Menurt William A. Haviland Mitos adalah cerita mengenai peristiw semihistoris yang menerangkan masalah akhir kehidupan manusia.
  5. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Mitos adalah suatu cerita mengenai asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa itu sendiri . 
  6. Menurut Levi-Strauss Mitos adalah suatu cerita dari tradisi lisan yang menceritakan dewa-dewi, manusia pertama, binatang, dan sebagainya berdasarkan suatu skema logis yang terdapat didalam mitos itu sendiri dan yang memungkinkan kita mengintegrasikan semua masalah yang perlu diselesaikan dalam suatu konstruksi sistematis.

Contoh Mitos pada kehidupan sehari hari biasanya sering kita alami tanpa kita sadari seperti contoh ketika seorang anak laki-laki menyapu rumah atau ruang dengan tidak bersih makanya seseorang mengatakan "kalau nyapu tidak bersih nanti istrimu berewokan" adapun contoh lain seperti 
seorang anak gadis tidak diperbolekan duduk didepan pintu dikatakan jodohnya akan jauh atau pergi jauh. mungkin dari 2 contoh diatas kurang masuk akal tapi ya begitu lah mitos mitos yang terjadi di dunia nyata. 





Daftar Pustaka
Aly,Abdullah,drs, dan Ir.Eny Rahma,Ilmu Alamiah Dasar,Jakarta,PT Budi Aksara,2003.
Margono,Drs,dkk,Ilmu Alamiah Dasar,Surakarta, Universitas Negeri Surakarta,1982.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar